Memaknai Buka Bersama & Hal Bihalal Di Indonesia


Sebuah kegiatan menunjukan kebersamaan yang biasanya dijumpai dikala memasuki bulan suci Ramadhan yakni Buka Bersama (Bukber) dan perayaan hari kemenangan setelah melewati satu bukan penuh menahan hawa nafsu, yakni Halal Bihalal. Kegiatan ini dilakukan beberapa orang yang tergabung dalam sebuah kelompok yang berada ditengah masyarakat. Tidak melihat dari mana bahkan dari kepercayaan apa dia anut. Apalagi keluarga sendiri, kegiatan ini menjadi bagian penting.

Berbaur dalam sebuah kegiatan positif dan mulia adanya. Buka Bersama yang disingkat BukBer ini sudah berlangsung turun temurun. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di negara-negara yang banyak menganut Muslim, seperti di Timur Tengah dan di Asia. Di Indonesia sendiri, paling terlihat kegiatan ini di komunitas motor. Misalnya dari Biyonic Jakarta Timur, ARCI, YVCI, KBCI, KTM, Ninja, KIRANA, GOMAX RIDERS, MTRI, YROI, CBRRIDERS, HVCI, BFAD, BINEC, FAMZ, HSFCI, MIOC, ScoopyR17, SGCI, GSX, XEONERS, XOJ, YMCI, dan AUPRCI serta masih banyak juga yang lain.

“Betepatan dengan momentum bulan suci Ramadhan, Kami sebagai bagian dari masyarakat yang berkecimpung dalam salah satu komunitas motor, mensyukuri setiap moment kebersamaan selama berteman dalam berkomunitas. Sekaligus menambah keakraban dan bersilaturahmi sesama anggota. Selain itu, kami juga turut berpartisipasi dengan memberikan donasi berupa sumbagan untuk rumah yatim bersama komunitas motor lainnya,”ungkap bro Andrian pembina dan sekaligus penasehat KBCI.

Menurut Muntoha A.N salah satu karwayan MITRA 2000,” Terjalin suatu persatuan yang tidak hanya yang melakukan puasa itu sendiri. Yang paling utama disini adalah ketakwaan terhadap Allah sebagai kewajiban dan sesama manusia serta harus menahan hawa nafsu setelah bulan ramadhan. Harus diingat bahwa kebiasaan banyak orang, prilaku bulan ramadhan berbeda setelah bulan ramadhan. Emosi, hawa nafsu, amarah dan lain lain, harus dikendalikan. Itu sangat penting, “ungkap Muntoha yang biasa disapa Agung di TDR Technology Center Cakung.

Setelah melewati satu bulan penuh. Kini memasuki Hari Raya Idul Fitri 1440H. Salah satu tradisi masyarakat Indonesia yang selalu dilakukan adalah Halal Bihalal kerumah sanak saudara dan kolega. Tradisi ini merupakan ajang silaturahmi untuk bermaaf maafan serta berbagi cerita kepada saudara setelah sekian lama tidak berjumpa.

“Kami keluarga besar berkumpul di kampung. Setelah melakukan perjalan jauh dari berbagai daerah di pulau Jawa, hanya untuk merayakan kemenangan bersama. Temu kangen diantara kami. Saling memaafkan diantara kami. Kegiatan ini sudah kami lakukan dari tahun ke tahun. Sebuah tradisi yang penuh makna bagi kami. Bukan hanya kami, tapi sebagain besar kelaurga lain yang merayakannya juga. Semoga kami selalu menjaga tradisi ini sampai turun temurun dan menjadi berkah bagi kita semua. Terutama bagi kami,” kata Kang Ndar warga Tasikmalaya dan juga mewakili One Team Riders Indonesia.

Istilah Halal Bihalal berangkat dari kalimat “Halal Bi Thariqin Halal” yang artinya mencari penyelesaian masalah atau mencari keharmonisan hubungan dengan cara mengampuni kesalahan. Nah, Selagi masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri, apabila masih ada kesalahan yang belum termaafkan maupun dimaafkan, mari direlakan dan diikhlaskan agar tali persaudaraan dengan kerabat tidak terputus dan hidup menjadi lebih damai dikemudian hari. (berbagai sumber).

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H buat seluruh One Team Riders & One Team Network,,,!.
Share:

Leave a Comment

Join One Team MemberorDonate for Projects