Keberhasilan adalah hasil dari sebuah ketekunan

Toshihiko Seko - adalah pemenang lomba-lomba lari bergengsi : Fukuoka Marathon (1978–1980, 1983), Boston Marathon (1981, 1987), London Marathon (1986), serta Chicago Marathon (1986). Ia juga pencetak rekor dunia untuk lari 25,000 m (1:13:55.8) and 30,000 m (1:29:18.8), yang bertahan selama 3 dekade dan baru terpecahkan tahun lalu.

Ketika ditanya mengenai rahasia keberhasilannya, ia menjawab,”Saya hanya berlari 10 kilometer (km) setiap pagi dan 20 km setiap sore.”

Banyak orang tidak percaya bhw ia hanya melakukan latihan yg sederhana tsb. “Ah.. mana mungkin cuma mengerjakan hal sederhana yg demikian, tp berhasil menjadi juara dan pencetak rekor dunia?”

Seko menjawab,”Memang sederhana tp saya melakukannya setiap hari, 365 hari dlm setahun. Sederhana? Ya. Mudah? Tidak!”

Kerap kali yg membuat kita gagal bukanlah krn rencana kita yg terlalu sederhana atau terlalu rumit, tetapi karena kita tidak cukup berkomitmen utk mengerjakan rencana kita. Ya, kebanyakan kita hanya bersemangat di awal namun mulai lemah, malas, dan enggan di tengah jalan. Alhasil, kita tidak pernah sampai ke puncak meskipun sudah memiliki bahkan merancang hal² hebat.

Ingat, utk menikmati hasil yg besar bahkan sukses yg lebih gemilang, kita perlu menjalankan rencana yg ada dgn penuh komitmen, secara konsisten. Ini ibarat seperti menyusun satu batubata setiap hari, sampai menjadi sebuah rumah. Ya, kita tidak bisa mengerjakannya setengah²; dikerjakan saat termotivasi, & mengabaikannya saat malas. Itu hanya akan menghambat keberhasilan kita.

Seko bisa menggapai sukses krn ia menyusun rencana & menjalankan rencananya setiap hari. Mari ikuti teladan / sikapnya yg luar biasa!

Mari, kita semua ‘berlomba’ dalam kehidupan ini dengan penuh komitmen dan melakukannya secara konsisten.

Posted in Articles.